Monday, September 19, 2005

ikanku mati

Hiks.... ikan Guppies ku yg baru berumur 2 atau 3 minggu disini.... Guppiewo dan Guppiewie (dinamain according to nama boneka sapi yg paling cute sedunia, si Cowie alias Wowie) mati semua..... padahal mereka tuh hiburanku kalo saat stress di kantor... aku taruh di atas meja kantor kan....

salahku juga sih .....

aku ngga mau memegang ikan itu pas ngganti air, jadi ikannya aku taruh di gelas plastik UFM, lalu aku buang kotoran di air itu sampe tinggal ikan aja di gelas itu, lalu aku pindah ke gelas lain yg sudah kuisi air (di-iling, bhs Jawa nya) .... yg pertama kali aku gituin, ikan itu stress, ngga mau makan dan berenang cepat sekali..... yg kedua kali udah gpp, jadi aku ulang lagi ketiga kali ini.....

eh kok yg ketiga ini mereka juga jadi ngga mau makan, bahkan yg satu jadi suicidal, mencepitkan dirinya ke kerikil2 yg aku taruh di dasar aquarium..... itu hari sabtu... aku kasih makan dikit.... lalu minggu nya aku ngga ke kantor......

tahu2 tadi lihat mereka sudah mati.... tapi kalo ga salah ingat.... kok mulut aquarium nya tertutup total ya..... biasanya emang aku tutup sebagian karena takut mereka loncat...

ah ya sudah....... nanti beli lagi dan aku minta tolong kangmas pindahin ikannya waktu aku ganti air nya.... :D

3 comments:

* said...

Jeng, guppy itu ikan kecil tapi buntutnya lebar, murah... hehehe punya aku sih bukan yg fancy. ngga seberapa cute tapi pemeliharaannya sebenernya gampang :P dasar aku nya aja yg tidak berperikegupian hehehe, ini ada beberapa foto nya http://www.deltaguppies.com/gallery.htm

Anonymous said...

tiiinn....ada cara ganti air tin...

1. masukan air lama didalam plastik
2. masukan ikan kedalam plastik
3. ganti air
4. taroh plastik didalam aquarium yang baru
5. setelah 30 mnt barusan pindahin ikan ke aquarium

cara seperti itu supaya menyamkan suhu air lama dan baru, sehingga ikan bisa pelan2 adaptasi...klo langsung biasanya mereka langsung tewas...hehehehehhe...

Selama miara ikan deh...ikanku udah bertahan berbulan2 nih...semoga aja gak mati...abis cuman satu...hehehehe...

* said...

Thanks Ria buat tips nya, sayang sampai sekarang saya belum sempat beli lagi.... padahal pengen punya lagi :)