Monday, August 25, 2008

Love (or need?) her, hate her

Hehehe

Hmm aku sebenernya thankful banget bisa di rumah, ngasuh Tio sambil kadang2 kerja job2an....
Cuma kadang2 aku kena sindrom love-hate relationship dng nanny ku
hehehe mungkin bukan love.... tapi need-hate relationship kali ya hihihihi
suka sebeeel gitu ama dia, tapi ya butuh

analisaku sih karena
1. standard kebersihan gak sama dng aku
2. beberapa beda dalam cara ngasuh
ini bintang tamunya dateng... to be continued deh :D

Lanjut lagi
1. Soal standard kebersihan
Kalo soal makanan sih auntie ini ketat, dia gak mau jajan sembarangan katanya. Cuma mau jajan di tempat yg dia tahu bersih. Otw dia pilih masak sendiri kalo bisa. Tapi soal hygiene kok rada2 gimana gitu.
Ya dulu sih gak seberapa terasa karena aku kerja dan Tio cuma tidur di tempat tidurnya atau di area perlaknya yg tidak aksesible buat nanny nya (tidak perlu duduk atau berdiri di tempat yg ditidurin/ buat mainan ama Tio).
Sekarang aku di rumah jadi ngerti gimana sehari2 dan Tio sudah bergerak ke mana mana. Suka jilatin ranjang termasuk bagian tepi2nya, suka jalan kaki kemana mana.
Yg aku gak suka:
- kalo Tio main di luar si auntie ini suka duduk di rumput/ tanah, di tangga tempat orang lewat nah trus pas aku abis mandiin Tio biasanya auntie suka ikut di kamar, duduk di ranjang... doooh.... jadi ranjang kena bekas2 rumput, tanah, and God knows what else....
- abis pegang sampah (di rumah ada 3 tempat sampah, kalo pagi sampah dibuang biasanya dijadiin satu dulu di tas sampah yg paling besar, auntie suka ngambilin satu2 sampahnya pake tangan, instead of langsung dituang keranjangnya) gak cuci tangan
- abis pegang kain pel, sepatu Tio gak cuci tangan jg... (soal cuci tangan ini akhirnya aku ngomong sih, klo dia abis pegang kotor2 gitu aku ingetin utk cuci tangan deh, daripada aku yg makan hati dan Tio yg jadi korban)
- kalo cuci piring suka gak bersih... mungkin karena matanya sudah kurang awas jg ya... (suka aku ulangi lagi cuci nya, terutama alat makan Tio)
uff gak kebayang deh dulu Tio kecil kan yg kasih ASIP dia... yah tapi Tio sehat2 aja... ya moga2 gpp deh.... *masih kebayang soal plastik ASIP dan botol plastik yg dipanasin dng air mendidih/ possibly jg di atas kompor menyala ama dia, aku nyeseeeelll banget klo inget ini*

2. Soal pengasuhan
Yg terpikir ada 3 points, yg masih fresh terjadinya
- Tio lagi makan dibilangin "pai tiao... pai tiao" alias jalan2 ke luar.. nah si Tio kan seneng tuh jalan keluar.. ya otomatis gak mau makan lagi trus minta jalan.... soal ini aku udah kasih tahu dan auntie udah ngerti... tapi ya kadang2 diulang....
- Tio lagi mainan sendiri baik2 dipanggil-panggil, ditunjukkin mainan lain... menurut aku ini nggak baik soalnya Tio (dan anak2 pada umumnya) kan kemampuan konsentrasinya masih rendah, jadi gampang teralihkan, kalo dia lagi konsen melakukan satu hal ya biarin gitu kenapa..... Emang sih ini konteksnya aku lagi kasih makan Tio dan si auntie ini nganggur, nothing to do... tapi tetep aja sebel....
- Tio dibilang "pinter sendiri" anak lain tidak ada yg pintar.... menurut aku (dan dari baca buku jg sih) ini gak baik.. bisa membuat anaknya nanti jadi sombong dan memandang rendah anak lain.... terbebani utk jadi yg terbaik.... belum nanti klo dia belum ngerti dan mengulang kata2 itu di depan ortu temen2nya yg dijelek2in oleh si auntie ini..... wah ntar dikira bapak ibunya yg ngajarin gak bener....
- suka nyolong2 ngasih makan Tio tiap ada kesempatan tanpa perintah dari aku.... jadi klo aku pas mandi, Tio tunjuk2 makanan, langsung dikasih.... Tio main telur (matang sih), trus aku tinggal cuci piring sebentar, eh dikasih jg padahal itu Tio abis makan siang dng menu telur hampir 1 butir jg.... aduh.... ya emang ngerti sih mungkin pengen jg ngasih makan Tio secara dia kan pengasuh gitu, tapi kan aku ada di situ, tanya dulu kek boleh gak kasih makan itu.... lagian aku gak yakin tangannya bersih atau kagak pas itu.... siapa tahu abis garuk2, bersihin lantai, pegang bedak, obat atau apa.... jadi suka jengkel klo tahu .....

Other things
- suka criticize aku... dulu aku pernah dibilang "madam tam mai pen" waktu gendong Tio kecil... alias katanya aku gak enak gendong nya Tio.... dulu sih sempat down dan krisis PD... mikir duh aku gak bisa gendong Tio dng nyaman..... contoh lain sih emang sebenernya ya betul jg komentarnya, tapi ya sebel gitu loh dikomentarin... misalnya: aku masak dan gagal pasti dikomentari... trus kalo aku pasang seprai kurang kenceng jg dikomentarin
- kalo thd papa Tio selalu bilangnya "papa cape kalo....gini" (contoh: disini katanya tiap bulan disemprot asap utk membasmi serangga itu, jadi dulu tiap bulan kita bawa Tio ngungsi ke kantor papanya waktu hari fogging, tapi belakangan baru ngeh bahwa ternyata nggak tiap bulan ada, informasi simpang siur, kita tanya ke kantor2 yg berurusan cuma di ping pong dan katanya "ada... ada..." tapi prakteknya nggak ada) .... weh emangnya aku jg gak capek gitu?
- suka take credit, ini sih hal2 kecil dan mestinya gak aku pikirin, tapi kok ya sebel hihihihi .. entah ini masalah bahasa atau aku yg terlalu sensi atau emang maksud dia spt itu.... misalnya: bilang Tio kepalanya bunder karena dia yg bikin/ jaga supaya begitu.... yay... ini kan jg karena Tio lahirnya cesar makanya kepalanya gak gepeng karena kepenet jalan lahir.... Trus contoh lain katanya Tio sehat karena dia yg jaga... lha trus kita ortunya ini do nothing gitu?

Ada jg sih hal2 positif dari dia
- suka bawain makanan huehehe dimana lagi ada pengasuh bawain makanan utk majikannya
- masakannya enak
- relatif lebih baik daripada pengasuh2 lain

Yah begitulah... aku pengennya ngasuh sendiri... tapi ya repot juga... gimana kalo aku mau mandi, mau ke kamar mandi, mau nyiapin makan buat Tio dan bapak ibunya, belum kalo pas aku ada job2an..... klo tanpa pengasuh mana bisa aku kerjain..... Tio gak bisa ditinggal..... mungkin karena gak biasa jg... dari kecil selalu ada yg menemani..... sekarang ditinggal sendirian sih dia kadang ok, tapi aku yg takut... ntar tahu2 manjat... main listrik... atau gimana....

Tapi kalo pake pengasuh ya begini ini..... gak mungkin bisa 100% up to my standard....

3 comments:

Anonymous said...

tin...kita FTM sekelas banget deh...maid-ku disini juga ngeselin minta ampun...rasanya tiap minggu ada aja kejadian yang buat air mata keluar

maid-ku cuman tau bersiin rumah dan masak...calvin aku pegang semuanya...tapi yang ngeselin...yg dikerjaiin gak beres semuanya...perasaan dulu aku yang pegang semuanya beres...kinclong dan tertata rapi...hwaaaaa...klo ngomongin maid gak ada habisnya...skrg lagi pertimbangan mo terusin ama dia apa gak...lagian genit...ke mall matanya jelalatan...calvin jatuh berulang kali gara2 ketabrak dia yang lagi ngeliatin cowok...pusiiiiiiiiiiinnng...

eh kok jadi curhat yaa...hahahahaha...maaaaaaaaapppsssss....

Benny Suryanto said...

Huaa kalian2 yang ada di seberang, pertama....berbahagialah punya babysitter/maid dan mampu unk membayarnya hehehe.
Think positive dulu la ya.
Bayangin aja dah, kalau ga ada. Aku sendiri mau kerja (klo ada part time di rmh, atau urus toko onlineku), mau masak, mau tidur, mau bersih2 ajah aduuh soro banget. Yang Kiyo ga mau ditinggal lah, mesti narik2. Kan gak bs konsen, akhirnya aku sukanya marah2 klo diganggu, so effectnya ke Kiyo jg hix.
Gak ada yg buat gantian ngawasin anak.Cape...
Mau byr BS...wah muaahale.
Wah...wes jadi stress aku.

Kalau pakai maid/BS gak bisa dah 100% hrs nuruti standard kita, hrs ini itu bener. Lah wong aku dulu ama mamaku ya gituh beda caranya hehehe, tp udah gede gini udah tak loss lah.
Mungkin ce Christine jg terlalu perfect yach hihihi.
Kiyo umur > 1th udah gak pake tmp makan sendiri khusus, ya kadang, tp banyakan udah makan campur ama kita hehehe. Makannya jg udah sama dg kita.
Botol susu udah gak aku steril lagi. Tergantung deh ama babynya, Kiyo jg gpp gak mencret2.
Cuman......waduh ce.....yo ini botol susuku merk AVENT rasae yg bukan bebas BPA...hix aku gak tau deh dulu jg yg beliin papaku.
Trus kalau susune sisa aku tarus di bottle warmer itu loh--> bener ga ya ini.
Kalau steril, aku dari dulu wes gak entuk ama Benny godog botol smp mendidih dih. Trs kalau buatin susu gak boleh nuangin air panasnya dulu. hehehe terlalu crwt.
Klo soal ksh makan, ce Christin selalu buat jadwal ya... hrs makan ini jam brp, banyaknya brp? Makan cemilah...kripik kentang boleh gak?
Kiyo ini wes makan cemilan bolak balik, tp dia jg gak makan bny2.
Es cream jg gak suka malah.
Kalau burger McD suka, hmmm ga bagus jg tp kata bapaknya halah podo wae.

Soal anak kalaow dibilang pinter gituh emang ga boleh ya...?? hihi maklum aku ga pernah baca2 buku hihi.
Tapi katanya sekali waktu anak jg boleh dipuji kan. Tp kalow kayak maid e ce christin blg anak lain ga ada yg pinter yo salah jg ya.

wes...malah kepanjangan commentku.

Intinya: syukuri aja pny maid, atawa klo emang malah ga sreg ama maidnya ya udah commitment full dijaga sendiri ^_^.

Unknown said...

hihihi Ria...sama ya... apa emang kita yg standardnya terlalu tinggi ya? tapi kalo sampe Calvin jatuh gara2 dia meleng sih keterlaluan ya.... jadi takut kan klo mau ninggal Calvin sendirian ama dia.... yah kalo aku sih ninggalin Tio ama nannynya masih berani, paling kepikiran tangannya gak bersih atau dikasih makan yg aku gak bolehin aja....
(thk God sampe sekarang sih Tio gak pernah sampe diare atau apa karena ini)

Nova... iya sih kebayang repotnya kalo gak ada nanny (aku kadang2 jg ngalamin, kalo pas si nanny cuti sakit atau pas ditinggal keluar kota ama ko Agus)... bener, kadang jadi malah emosi, kasihan anaknya... yah makanya aku pertahankan dulu aja deh nanny ini daripada aku marah2 ama Tio mulu atau daripada Tio jatuh gara2 aku meleng atau ngerjain something
hihihi emang aku clean freak sih, rumah boleh berantakan, tapi harus bersih kinclong hehehe
klo makan, Tio kan masih dibatasi gula/ garamnya... sedang bapak ibunya kebanyakan jajan biar aku gak repot masak hehehe, jadi Tio masih kudu dimasakkin khusus... at least pengennya membatasi garam gula ini sampe dia 2 th ...
Kalo susu di bottle warmer, mungkin gpp tapi ada batas waktunya jangan kelamaan kali ya... soal e susu yg udah diminum kan udah tercampur bakteri dari ludah, jadi ditaruh di suhu hangat gitu malah bisa berkembang biak... tapi klo Kiyo selama ini gpp ya berarti praktekmu masih benar hehehe
Kalo soal makan, Tio biasa makan besar 3 kali (bangun tidur, jam 12, jam 1730), cemilan 3 kali (jam 10, jam 15, jam 20)... tapi ini jg flexible, kadang Tio masih tidur, kadang bangun tidur gak mau makan, ya sud, dicobain 1/2-1 jam kemudian
Snack kalo kripik kentang bikin sendiri gpp kali ya... kalo bikinan pabrik kok aku masih belum berani kasih... Tio kalo snack gampangnya aku kasih biskuit gerber atau wakodo (ky e buatan jepang ya?)... eh buah jg gampang lho... Tio jg gak doyan es krim, malah muntah kalo makan es krim
Tio jg pake Avent.. makanya aku jg rada gelo sih Nov... tapi ya mo gimana lagi ya... waktu itu kan belum tahu.... cuma isa berdoa ae
Ttg anak dibilang pintar sih aku ok aja... malah harus... kalo dia berhasil melakukan something, harus dipuji "you've done a great job" ... tapi kalo trus dibilang anak lain gak ada yg pintar (dng sebut nama: si ini gak pinter, si itu jg gak pinter) waaaahhh ini yg aku gak mau....
huehehehe iya nih jadi satu postingan sendiri jawabanku :D

anyway thx ya udah mampir dan comment, aku jd lega ....... a